Thursday, July 11, 2013

Tips Cara Merawat Batik Yang Baik Dan Benar

gamis batik sarimbit
Batik tulis asli pasti harga nya cukup mahal. maka dari itu, jangan sempat koleksi batik catat anda rusak disebabkan langkah bersihkan yang salah.

sebagian orang yang serba salah waktu harus bersihkan batik. dapat dicuci takut rusak, apabila tidak dicuci lalu kotor, sebagai pengagum batik, mengungkap bahwa kain batik terlebih batik tulis harus dirawat dengan langkah khusus. salah satunya dengan mencucinya menggunakan buah lerak, dan menyimpannya di lemari yang kering.

jangan sampai lupa selipkan akar wangi didalam lemari untuk hindari rayap dan binatang lain yang bisa merusakkan kain. akar wangi ini dapat buat kain batik lalu lebih wangi, jelasnya.

batik sarimbit muslim

bagaimana sih langkah menjaga batik yang pas ?

1. pisahkan batik dari jenis baju yang lain. perihal ini untuk hindari kain dan baju lain agar tidak kelunturan oleh batik. campuran malam dan pewarna dari batik tulis ini sangat mudah luntur.

2. bersihkan batik pakai buah lerak atau deterjen khusus pencuci batik. sebaiknya jangan sampai memakai deterjen baju biasa, karena bisa buat batik rusak dan sedikit memudar warnanya. untuk hasil maksimal, sebaiknya bersihkan dengan air hangat.

3. waktu mencucinya, jangan sampai memakai mesin bersihkan. bisa makin baik apabila anda mencucinya pakai tangan.

4. Setelah batik direndam sebentar, kucek dengan lembut agar kotoran dapat terangkat semua. perhatikan, jangan menggunakan sikat untuk mencuci batik, karena bisa merusakkan warna, motif batiknya maupun kain itu sendiri. Menyikat juga berpotensi untuk menyebabkan kain robek.

5. waktu bisa menjemur, jangan sampai memeras batik, karena bisa buat kain lalu kusut.

6. gantung dengan gantungan yang tidak tidak tebal agar tidak meninggalkan bekas lipatan di kain setelah kering. anda bisa juga menjemurnya di sebatang bambu dengan diameter yang cukup besar. tidak cuma agar tidak meninggalkan bekas lipatan, penjemuran memakai jemuran yang mempunyai diameter besar ini agar antar helaian tidak menempel dan luntur, paparnya.

7. sebaiknya jangan sampai menjemurnya segera di bawah terik matahari. sebaliknya, angin anginkan saja kain ini di bawah area teduh.

8. setelah kering, setrika pakai panas yang rendah. alasi pakai kain yang tipis, agar setrika tidak segera menempel pada kain batik. ( langkah menjaga batik yang benar serta pas )

No comments:

Post a Comment